Wednesday, March 9, 2011

Sejarah dan Perkembangan web

Pada jaman sekarang ini, hampir setiap orang membutuhkan teknologi untuk lebih memudahkan pekerjaannya. Teknologi yang dgunakan misalnya hampir semua orang sudah menggunakan komputer, netbook atau laptop. Dengan menggunakan laptop tau komputer, pekerjaan setiap orang menjadi lebih mudah, misalnya untuk orang-orang yang bekerja di bidang perkantoran, pendidikan, perbankan dll. Dalam bidang perkantoran akan lebih mudah menggunakan software Microsoft Office.

Untuk memudahkan pekerjaan manusia dengan menggunakan komputer dibutuhkan bantuan software, seperti Microsoft Office untuk mengolah data, kata, keperluan presentasi dan lain-lain; Photoshop untuk mengolah data berupa gambar, graphic dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, software-software tersebut juga mengalami perkembangan seperti Photoshop CS, Photoshop CS5 dan lain-lain. Untuk itu, software-software tersebut harus di update untuk mendapatkan versi yang baru. Untuk keperluan mengupadate software-software tersebut dibutuhkan koneksi internet.

Internet (Interconnected Network) adalahsebuah sistem komunikasi global yangmenghubungkan komputer-komputer danjaringan-jaringan komputer di seluruhdunia, dimana di dalamnya terdapatberbagai sumber daya informasi darimulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Dengan menggunakan jaringan internet, para pengguna komputer dapat terhubung ke komputer lain walaupun di tempat yang berbeda. Perolehan informasi juga akan lebih mudah dengan menggunakan internet.

Kemudian sekitar tahun 1990, seorang Fisikawan dari Swiss, Berness Lee, merasa bahwa pekerjaannya akan lebih mudah jika terhubung dengan sistem komputer lain. Untuk itu beliau menciptakan web yang merupakan kumpulan link dari suatu komputer dengan komputer lain. Beliau juga yang membuat sebuah link ke teks lain pada sebuah web site sehingga akan memudahkan penggunaan. Teks-teks yang terhubung ke teks lain dalam suatu website disebut hypertext.


B. ISI


WWW atau secara singkat disebut web mulanya adalah aplikasi untuk menyimpan dan menampilkan teks. Pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1889. Saat pertama web dikembangkan (web 1.0), dimana pengunjung hanya bisa mencari dan melihat-lihat data informasi yang ada di web, kemudian bergeser pada era pengembangan web kedua (web 2.0) di mana pengunjung mulai dapat melakukan interaksi dengan melakukan manajemen aplikasi yang diatur oleh sistem yang ada pada web. Jenis interaksi yang dapat dilakukan pada era kedua ini antara lain untuk saling bertukar informasi, eksploitasi informasi, dan juga pembuatan komunitas-komunitas online. Selanjutnya sekarang ini yang terakhir dimana sebuah web dapat memberikan sebuah interaksi sesuai dengan kebutuhan informasi setiap pemakaianya, hal tersebut adalah yang menjadi topik krusial dalam pengembangan (web 3.0) .

C. Website telah ada selama 15 sampai 20 tahun, usia yang bagi manusia dianggap masih remaja dan sedang bertumbuh menuju kedewasaan. Tetapi dalam usianya ini, web telah memiliki sejarah yang panjang dan banyak cerita yang memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhannya. Inilah 10 momen yang dianggap paling bersejarah yang dihimpun oleh pcmag.com :

D. 1.11.7 Januari 1998 : The Drudge Report memecahkan skandal Lewinsky.
Kalimat diatas adalah berita web pertama dan ini adalah pertama kalinya web digunakan sebagai media yang memiliki lingkup nasional. Sejak saat itu sumber-sumber media tradisional menyadari bahwa mereka tidak dapat mengalahkan kecepatan internet dan mulai melakukan perubahan dengan menerbitkan beritanya di web mereka terlebih dahulu, baru kemudian di media cetaknya. Bahkan beberapa penerbit menghentikan total media cetak mereka untuk berkonsentrasi sebagai media online. Sebuah era baru telah dimulai.

E. 2. 2.February 1994 : Jerry dan David mem-bookmark web. Awalnya bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” dan pada April 1994 diganti menjadi : “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” atau disingkat Yahoo. Yahoo adalah site pertama yang berusaha mengatalogkan web, menawarkan daftar direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan jasa-jasa lainnya. Walaupun sekarang adalah masa kejayaan Google, tetapi masa-masa bersejarah dimana Yahoo berkuasa tidak akan pernah hilang dari sejarah.

F. 3. 3. 28 Agustus 2005 : Debut blog dari korban badai Katrina yaitu Michael Barnes. Badai Katrina bencana alam yang dianggap sebagai salah satu yang terparah dalam sejarah AS.. Beberapa kalimat pertama yang ditulis Michael Barnes di blognya adalah: “Kami sekarang berada dilantai 10 dan 11 pada sebuah gedung perusahaan di Poydras Ave. Kami memiliki generator dan banyak persediaan makanan serta air. Saya tidak yakin bagaimana koneksi internet akan terpengaruh”. Selama lima hari Barnes dan teman-temannya terus memberikan laporan langsung dan foto tentang badai Katrina dari gedung yang menjadi tempat pengungsian mereka. Puluhan ribu orang mengunjungi blog mereka setiap harinya untuk membaca “liputan khusus” yang media lain bahkan CNN tidak bisa dapatkan. Kasus ini membuktikan bahwa blog bisa digunakan sebagai alat berharga untuk menyampaikan dan memahami pengalaman seseorang.

G. 4. 4. 3 September 1995 : eBay melakukan lelang pertamanya. Dulu, satu-satunya cara untuk mendapatkan sedikit kompensasi dari barang bekas anda adalah dengan mengikuti berbagai lelang barang bekas. Tetapi eBay mengubah semua itu, sekarang puluhan ribu orang bahkan perusahaan kecil dan besar menggunakan eBay sebagai alat utama mereka, eBay membawa e-commerce ke seluruh orang. Benda pertama yang berhasil dilelang adalah sebuah pointer laser yang rusak dan terjual dengan harga 14,83 US$.

H. 5. 5.15 January 2001: Wikipedia memasukkan entry pertamanya. Wikipedia, sebuah ensiklopedia online dimana siapapun bisa menambahkan atau mengedit entri tentang topik apa saja. Sekarang memiliki 2 juta artikel dalam bahasa Inggris .

I. 6. 6.Maret 2003 : Friendster telah tumbuh sangat besar. Myspace dan Facebook juga mencapai kejayaannya. Tetapi keduanya tidak akan menjadi seperti sekarang jika bukan karena Friendster. Friendster adalah pionir pertama yang berusaha menghubungkan seluruh penggunanya pada era social networking.

J. 7. 7.23 Juni 1983: Sistem nama domain terlahir. Berkat Paul Mockapetris, Craig Partridge, Jon Postel. Anda tidak perlu menghafal 12 digit angka untuk mengunjungi suatu host. Mereka bertiga menciptakan sistem penamaan domain untuk mengganti alamat internet numerikal. Kini pengguna cukup mengetikkan domain dan server diseluruh dunia akan menerjemahkan kata-kata tersebut menjadi angka.

K. 8. 8. 16 July 1995: Amazon.com memulai bisnisnya. Site yang dulu dijuluki sebagai toko buku terbesar di dunia ini kini telah berevolusi menjadi sesuatu yang mencakup apasaja yang bisa dijual atau dibeli, termasuk musik dan video yang bisa didownload. Amazonlah yang memulai revolusi commerce di net dan di dunia nyata.



L. 9. 9.7 September 1998 : Google berdiri. Pada Januari 1996, Sergey Brin dan Larry Page berkolaborasi dalam BackRub, sebuah proyek kelulusan yang menganalisa bagaimana back links dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian. Akhirnya pada September 1998 Google terbuka untuk bisnis. Google mungkin adalah aplikasi web 2.0 yang pertama dan kesuksesannya dapat dilihat dari keputusan Oxford English Dictionary untuk memasukkan kata “google” sebagai kata kerja yang artinya melakukan pencarian di web.

M. 10.10. 25 Desember 1990: Web akhirnya online. Tentu saja momen yang paling bersejarah dalam perkembangan web adalah hari dimana web dilahirkan. Tim Berners Lee dan Robert Caillliau dari CERN research lab di Geneva mempersembahkan sebuah hadiah natal kepada dunia, ketika mereka berkomunikasi dengan web server pertama di dunia. Pada akhir 1992, 50 web server sudah terhubung, dan pada akhir 1994 angkanya terus bertambah sampai 2500. Sebuah dunia baru telah tercipta.


C. KESIMPULAN

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat mempengaruhi pola pikir dan kebiasaan masyarakat dalam memperoleh informasi yang diinginkan. Informasi yang diinginkan dapat diperoleh dalam sebuah web. Dengan munculnya teknologi web tersebut, penyebaran informasi menjadi semakin luas. Selain itu dengan munculnyal E-Learning, E-Book, dan lain-lain yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa dan mahasiswa. Keuntungan lain yang diperoleh adalah para siswa dan mahasiswa tersebut dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar dengan adanya media teknologi tersebut.
Ada pula Keuntungan penggunaan Web Service, antara lain sebagaiberikut :

ü Format penggunaan terbuka untuk semua platform.

ü Mudah di mengerti dan mudah men-debug.

ü Dukungan interface yang stabil.

ü Menggunakan standard-standard “membuka service sekali” dan mempunyai pemakai banyak.

ü Mudah untuk menengahi pesan-pesan proses dan menambahkan nilai.

ü management and monitoring.

ü schema and service design.

ü Akselerasi.

ü mudah untuk mengembangkan dengan semantic transport tambahan.

ü Tidak mahal untuk diimplementasikan (relatif).

ü Mengurangi biaya integrasi aplikasi enterprise.

ü Implementasi yang incremental.

3 comments:

  1. wow.. nice artikel banget
    sejarah panjang juga nich untuk perkembangan internet...sampai bisa kita gunakan dengan mudah utk mendapatkan informasi sprti skrg ini

    ReplyDelete
  2. makasih gan.. semoga bermanfaat artikelnya.. jangan lupa berkunjung kembali gan

    ReplyDelete